Musim Hujan, Foto Apa yang Bagus?

by | Jan 21, 2016 | Uncategorized | 0 comments

Jakarta – Musim hujan akhirnya tiba, setelah kemarau yang cukup panjang tahun ini, di akhir November, hujan mulai mengguyur. Tapi apakah hujan harus menghentikan hobi fotografi kita? Ya tentu tidak!

Jika kita fotografer yang mendambakan langit biru yang cerah dengan matahari yang bulat, mungkin kita akan kecewa, tapi jika kita fotografer yang fleksibel, banyak hal yang bisa kita foto di musim hujan yang hasilnya bisa lebih bagus daripada di musim kemarau.

Saat musim hujan, matahari biasanya tertutup awan, maka cahaya matahari menjadi lembut karena tersaring (diffuse). Kontras berkurang tapi untungnya warna menjadi lebih pekat/saturated. Musim hujan seperti ini, jenis foto yang ideal adalah foto hutan, air terjun, bunga, taman dan juga portrait.

Langit bisa juga jadi lebih dramatis, jika kita bersabar, ada saat-saat dimana matahari menyembul di tengah-tengah awan yang pekat seperti foto diatas yang saya buat di Pangalengan. Di dataran tinggi, kabut biasanya lebih tebal dan memberikan kesan sejuk sekaligus misterius.

Foto hujan itu sendiri juga bisa menarik, tetesan air, warna-warni kota dan refleksi lampu di jalan atau bebatuan yang basah memberikan kesan segar.

Musim hujan juga menyimpan tantangan, terutama bagaimana melindungi diri dan kamera kita saat hujan. Salah satu cara yang efektif adalah memakai raincover untuk tas dan kamera.

Raincover yang bagus adalah raincover yang bisa melindungi kamera, tahan digunakan berulang-ulang dan juga memungkinkan kita mengakses dan mengubah setelan kamera.

Foto di atas diambil saat hujan deras di kebun binatang Bali. Fotografer Andrew Suryono berhasil menyabet penghargaan Sony National Photography Award tahun 2015 dan berhak untuk mendapatkan hadiah seperangkat kamera dan lensa Sony mirrorless, beserta tiket dan akomodasi ke London untuk menghadiri upacara dan menerima hadiah tersebut.

Meskipun tantangan saat memotret di musim hujan tidak mudah, saya pikir tidak perlu berhenti untuk memotret di kondisi musim hujan, karena banyak foto unik yang bisa kita dapatkan. Foto di kala musim hujan pasti akan lebih unik, karena di musim ini, sebagian besar orang memilih menyimpan kameranya dan menyeduh teh hangat di dalam rumah.

*) Penulis: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi.com, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer.
Mau konsultasi berbagai hal seputar fotografi? Kirim saja pertanyaan ke Klinik IT detikINET di link berikut.